Rabu, 03 Desember 2014

Batik Kawung

Halooo teman-teman semua !!
Sebagai anak bangsa kita harus tetap melestarikan budaya leluhur negara kita tercinta Indonesia dan itu alasan Boneka Athina Dolls selalu mengenakan Kain Batik. Batik di Indonesia itu sangat banyak motif dan setiapmotifnya memiliki maknanya masing-masing.. Naaaahhh yuuuk sekarang kita sama-sama mengenal salah satu motif batik yaitu motif kawung !!

Niih teman-teman Sekar Ayu juga mengenakan Batik Kawung :)

Motif batik kawung memiliki simbol kesempurnaan, kemurnian, kesucian, kenetralan jiwa dan pikiran, ketidak berpihakan dan sebuah tingkat pengendalian diri yang tertinggi.
Bentuk motif batik kawung sebenarnya merupakan salah satu bentuk ornamen kuno yang sudah berabad-abad yang lalu, bahkan sejak prasejarah. Ornamennya disarikan dari buah kawung atau kolang-kaling yang didistorsi dalam bentuk oval dan disusun silang, menggambarkan struktur jagad raya.Motif kawung ini biasanya hanya boleh dipakai oleh kalangan raja dan keluarga raja tetapi dalam kisah pewayangan batik motif kawung juga dipakai oleh Ki Lurah Semar dan anak-anaknya. Semar adalah rakyat jelata yang mempunyai kebijaksanaan dan kearifan seorang dewa. namun dalam perkembangannya batik kawung di jaman sekarang sudah banyak yang memakainya sekalipun dia buknalah seorang raja.
Contoh macam-macam motif kawung :
1. Kawung Beton


 Motif ini adalah salah satu jenis motif kawung, beton bearti biji nangka.
Artinga motif kawungnya berbentuk biji nangka.
2. Kawung Picis
Jenis kawung yang kecil. Picis adalah mata uang oecahan sen yang paling kecil, sementara kawung yang paling besar adalah kawung benggol.
3. Kawung Putri

4. Kawung Cacah Gori
5. Kawung Gringsing
6. Kawung Bribil
7. Kawung Ndil
8. Kawung Ukel
9. Kawung Peksi kreno
10. Kawung Uter

Yaaaaa.. Itulah sebagian contoh dari motif kawung. setidaknya sekarang kita sudah tau asal dan makna dari batik motif kawung ini yah teman-teman. penjelasan tentang batik kawung sepertinya sudah cukup.

Tetep ikutin terus yah blog Athina Dolls karena kita akan jauh lebih banyak mengenal macam-macam motif batik dan maknanya yang ada di negri tercinta Indonesia.

jangaan lupa gabung di sosial media Athina Dolls juga yah teman-teman.. Langsung di klik aja sosial media yang mau dikunjungi di bawah ini :

We Bring Happiness To All Children !!
Cinta Batik Cinta Negri Ku Indonesia !!

 referensi : Buku Batik Filosofi, Motif  dan Kegunaannya karangan Adi Kusrianto
                 Buku Cerita Batik karangan Iwet Ramadhan
 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar