Rabu, 14 Oktober 2015

Batik Megamendung

Makna Batik Megamendung


Siapa yang tidak tahu dengan motif batik yang satu ini? batik megamendung yang berasal dari kota udang cirebon ini merupakan salah satu motif batik yang sangat terkenal dan banyak digemari di Indonesia.


Batik motif megamendung memiliki makna yang melambangkan kehidupan manusia secara utuh yang harus mampu menjaga emosi atau amarahnya didalam situasi apapun, layaknya awan yang ada dilangit saat mendung yang memberi kesejukan dan membuat hidup terasa damai, dinamis dan adem. selain itu kata awan dalam pelafalan bahasa mandarin juga bisa berarti banyak rezeki.

Seperti yang ditulis dalam buku "Cerita Batik" karangan Iwet Ramadhan konon ceritanya motif batik megamendung merupakan bentuk tanda cinta dari Sunan Gunung Djati kepada Putri Ong Tien yang berasal dari China yang hendak menikahinya. Dia melihat motif ini banyak dipakai pada ornamen guci-guci China yang banyak masuk ke Cirebon. Karena itulah, motif megamendung selain memiliki makna damai, adem, banyak rezeki juga merupakan simbol cinta, harapan dan sumber kebahagiaan.

Karena motif batik ini sangat digemari sehingga banyak orang yang menjadikan motif ini sebagai andalan mereka untuk dikenakan. Pada jaman yang sudah modern ini batik bukan lagi hanya dipakai saat acara formal atau kekeratonan karena sudah banyak sekali desainer yang memadukan batik dalam pakaiannya sehingga motif ini sudah banyak dikreasikan atau dipadukan dengan motif lain, contohnya motif batik megamendung yang dipakai Athinadolls  pada bonekanya.


"Cinta Batik Cinta Negeri Ku Indonesia"

Tidak ada komentar :

Posting Komentar